Persatuan dalam Keberagaman Antargolongan

Persatuan dalam Keberagaman Antargolongan.
Masyarakat Indonesia adalah masyarakat multikultural atau negara yang penduduknya memiliki ragam budaya. Terdapat banyak kelompok di dalam masyarakat Indonesia.

Kelompok-kelompok dalam masyarakat itu ada yang membentuk golongan atau dianggap sebagai satu golongan. Hal ini biasanya untuk memudahkan dalam mengidentiikasi perbedaan kelompok yang satu dengan yang lain, maupun membuat persamaan dari berbagai kelompok.

Baca juga: Persatuan dalam Keberagaman Suku dan Agama serta Kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa

Contohnya adalah penggolongan berdasarkan jenis pekerjaan seperti buruh, petani, guru, karyawan, atau nelayan. Ada juga penggolongan berdasarkan keaktifan di partai politik seperti pengurus partai, simpatisan, atau kader.

Penggolongan dapat juga berdasarkan status sosial seperti pengusaha, pejabat, pelajar, ibu rumah tangga, dan sebagainya. Atau juga penggolongan berdasarkan wilayah seperti orang desa, kota, nama daerah.

Perbedaan golongan ini dapat terjadi karena adanya kebutuhan dan pilihan dari masing-masing individu ataupun kelompok. Pada bidang tertentu, perbedaan golongan ini dapat berubah dan berpindah. Namun ada juga golongan yang relatif sulit berpindah dan berubah.

Baca juga: Makna Persatuan dalam Keberagaman RAS

Perbedaan golongan dapat pula ditinjau berdasarkan hierarki dan setara. Golongan hierarki adalah golongan yang terbentuk secara vertikal atau ada kelompok yang berada di posisi atas dan ada yang di posisi bawah.

Contoh penggolongan ini adalah berdasarkan status sosial (buruh-majikan, pimpinanstaf-karyawan), pendidikan (tidak sekolah, tamat SD, SMP, SMA, Diploma, Sarjana, Pascasarjana), jabatan (presiden, gubernur, walikota, bupati). 

Golongan yang setara yang tidak memandang lebih tinggi dari lainnya meliputi penggolongan berdasarkan agama, idealisme, adat istiadat, dan sebagainya.

Baca juga ringkasan Materi PPKn Kelas VII

Perbedaan golongan yang ada di masyarakat bukanlah alasan untuk terjadinya perpecahan. Perbedaan golongan yang ada itu untuk saling melengkapi kebutuhan manusia dalam kehidupan.  Manusia perlu berperan  dalam berbagai bidang kehidupan sesuai dengan minat dan kemampuannya.

Setiap orang pun harus saling menghargai dan menghormati perbedaan yang ada. Selanjutnya, dalam kehidupan, mereka dapat melakukan kerja sama untuk mencapai tujuan hidup bersama.

Contohnya bentuk kerja sama baik langsung maupun tidak langsung adalah golongan pedagang hanya dapat menyediakan barang jika ada penyuplai barang seperti dari petani atau pengrajin, petani dapat hidup sejahtera dan menikmati hasil pertaniannya jika hasil panen dijual kepada konsumen yang luas melalui pedagang yang tersebar di berbagai wilayah.

Baca juga beragam CERPEN atau PUISI untuk menghibur dan memotivasi jiwa serta pikiranmu setelah seharian beraktivitas, bekerja, dan belajar.

*

Sumber:

Suryanata Yayat, dkk. 2023. Pendidikan Pancasila untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Ruang Literasi dan Edukasi

Post a Comment

© Untaian Abjad. All rights reserved. Developed by Jago Desain