Persatuan dalam Keberagaman Ras

Persatuan dalam Keberagaman Ras. Materi PPKn kelas VII tentang Persatuan dalam Keberagaman Ras

Ras manusia yang berbeda berasal dari sejarah evolusi dan migrasi manusia yang berbeda di seluruh dunia. Selama ribuan tahun, manusia telah beradaptasi dengan lingkungan geografis yang berbeda, seperti iklim, tanah, dan sumber daya alam yang berbeda. 

Proses ini mengarah pada perbedaan fisik dan genetik antara kelompok manusia yang berbeda.

Selain itu, faktor budaya dan sejarah juga berperan penting dalam pembentukan ras manusia. Kebudayaan dan lingkungan sosial dapat memengaruhi pola perkawinan dan reproduksi yang dapat memperkuat karakteristik tertentu dalam kelompok manusia tertentu.

Penting untuk diingat bahwa perbedaan ras manusia tidak menunjukkan perbedaan kualitas antarmanusia. Setiap orang layak dihormati dan dihargai sebagai individu yang unik dan berharga, terlepas dari ras atau latar belakangnya.

Baca juga: Persatuan dalam Keberagaman Suku dan Agama serta Kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa

Ras adalah pengidentifikasian manusia berdasarkan ciri-ciri fisik dikaitkan dengan tempat dia berasal. Indonesia adalah negara yang terbuka dan tidak menutup diri dari pergaulan dunia. Sebagai negara yang terbuka terhadap masuknya bangsa asing, maka keberagaman ras di Indonesia menjadi hal yang wajar. 

Kehadiran pendatang dari berbagai wilayah dunia yang juga berasal dari ras yang ada kemudian menetap di Indonesia sehingga menyebabkan terjadinya keanekaragaman ras di Indonesia.

Pada saat ini dapat diidentiikasikan bangsa Indonesia terdiri atas beberapa ras. Penduduk yang berasal dari ras Malayan-Mongoloid banyak yang bermukim di wilayah Sumatra, Jawa, Bali, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan, dan Sulawesi.\

Baca juga ringkasan Materi PPKn Kelas VII

Penduduk dengan ras Melanesoid banyak tinggal di wilayah timur Indonesia yang meliputi Papua, Maluku, dan Nusa Tenggara Timur. 

Ada juga ras yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia yang dikenal engan ras Asiatic Mongoloid. Ras ini biasanya berasal dari Tionghoa, Jepang, dan Korea. Masih ada ras lain yang berada di Indonesia, yaitu ras Kaukasoid. Ras Kaukasoid ini berasal dari India, Timur Tengah, Australia, Eropa, dan Amerika.

Berikut ini ciri-ciri fisik pengelompokkan ras

1. Bentuk badan

Bentuk badan dimaksud adalah dilihat dari tinggi dan besar badan seseorang. Ada ras tertentu yang dikenal memiliki bentuk badan tinggi besar, namun ada juga ras yang dikenal memiliki perawakan kecil mungil.

2. Bentuk kepala

Biasanya bentuk kepala yang dijadikan ukuran adalah bulat atau memanjang yang menjadi ciri umum ras tertentu.

Baca juga beragam CERPEN atau PUISI untuk menghibur dan memotivasi jiwa serta pikiranmu setelah seharian beraktivitas, bekerja, dan belajar.

3. Bentuk muka atau wajah

Ada beberapa hal yang dijadikan patokan untuk mengidentifikan ras berdasarkan bentuk muka atau wajah seperti tulang pipi menonjol atau tidak, jarak antara dua tulang pipi dekat atau jauh, memiliki bentuk tulang rahang yang tegas atau tidak.

4. Bentuk hidung

Bentuk hidung ini relatif mudah dikenali dan biasanya orang mengelompokkan menjadi pesek, mancung, atau biasa.

5. Warna kulit, warna rambut, dan warna mata

Pengelompokan berdasarkan kategori ini mudah dilihat. Contohnya berkulit putih, kuning, hitam, atau sawo matang. Contoh lainnya berambut hitam, cokelat, pirang, dengan bentuk lurus, keriting, atau bergelombang, sedangkan dari warna mata yang dilihat adalah bulatan tengahnya ada yang mata hitam, biru, atau hijau.

Baca juga artikel tentang PSIKOLOGI biar jiwamu tetap aman meski sibuk bekerja atau belajar seharian.

6. Perbedaan ras bersifat genetik

Itu artinya setiap orang dilahirkan sesuai dengan asal keturunannya dan hal tersebut tidak bisa ditolak atau dihindari. Dengan demikian, kita tidak boleh melakukan penghinaan atau pelecehan terhadap ras orang lain, baik yang sama maupun yang berbeda.

*

Sumber:
Suryanata Yayat, dkk. 2023. Pendidikan Pancasila untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Ruang Literasi dan Edukasi

Post a Comment

© Untaian Abjad. All rights reserved. Developed by Jago Desain