Sambutan terhadap Berita Proklamasi di Luar Negeri

Berita proklamasi kemerdekaan Indonesia tidak hanya disambut gembira oleh bangsa Indonesia yang ada di tanah air, tapi juga oleh diaspora Indonesia di luar negeri. 

Sebagai contoh, orang-orang Indonesia yang berada di Mesir mendengar berita proklamasi kemerdekaan Indonesia melalui siaran radio pada 18 Agustus 1945. 

Berita itu tidak hanya disambut gembira oleh orang Indonesia di sana, tapi juga oleh orang-orang Mesir yang mengulas dan memberitakannya dengan penuh simpati melalui media massa (Sulistiono, 2013).

Baca juga kumpulan Materi Sejarah Kelas XI

Orang-orang Indonesia yang berada di Australia juga gembira mendengar berita proklamasi kemerdekaan Indonesia yang mereka tangkap melalui siaran radio pada 18 Agustus 1945. 

Mereka menyatakan dukungannya terhadap proklamasi kemerdekaan Indonesia. 

Orang-orang Indonesia yang bekerja sebagai pelaut dan buruh pelabuhan di Australia melakukan mogok kerja dan menolak bertugas di kapal-kapal Belanda yang akan berangkat ke Indonesia karena mereka tidak ingin kembali dijajah Belanda. 

Gerakan pemogokan ini juga diikuti oleh buruh-buruh Australia yang mendukung kemerdekaan Indonesia.

Tahukah kalian bahwa gerakan solidaritas ini pernah didokumentasikan dalam sebuah film? Jika kalian tertarik, kalian dapat menyaksikan film dokumenter yang berjudul “Indonesia Calling” karya Joris Ivens tahun 1946.

Baca juga ragam artikel SEJARAH biar engkau menjaga pesan Soekarno "Jas Merah"

*Disarikan dari sumber literatur yang kredibel.