Implikasi Pengindaraan dan Persepsi dalam Proses Pembelajaran

Perbedan sudut pandang ruang, waktu, dan arti menjadi salah satu pengaruh dalam interpretasi pengamatan.

Perbedaan interpretasi atau penerjemahan pengamatan sebagai hasil persepsi muncul salah satunya dipengaruhi oleh perbedaan sudut pandang ruang, waktu, dan arti. Oleh sebab itu sudah selayaknya menjadi perhatian guru dalam melaksanakan proses pembelajaran.

Hal ini penting diperhatikan agar materi pelajaran yang disampaikan dan nilai-nilai serta substansi yang ingin disampaikan dapat diterima siswa seperti apa yang diharapkan guru dan tidak menyimpang dari tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.

Lebih jelasnya baca juga Konsep Dasar Pengindraan dan Persepsi dalam Pembelajaran

Berdasarkan kondisi-kondisi tersebut, proses penyamaan persepsi dalam proses pembelajaran perlu dilakukan guru, yaitu sebagai berikut.

  1. Ketika guru akan menjelaskan sebuah materi pelajaran, disampaikan juga tujuan-tujuan dari mempelajari materi tersebut.

  2. Apabila menjelaskan secara lisan, guna suara yang keras dan jeals agar terdengar oleh seluruh siswa, dan pastikan terdengar oleh seluruh siswa yang duduk paling belakang.

    Baca juga beragam artikel tentang PSIKOLOGI PENDIDIKAN dan METODE PEMBELAJARAN

  3. Ketika menggunakan alat peraga, siswa hendaknya memberikan waktu untuk mengenali lebih dekat alat peraga serta mengenalinya secara keseluruhan dari berbagai sudut pandang.

  4. Selalu adakan proses diskusi atau tanya jawab selama proses pembelajaran untuk membentuk kesamaan persepsi.

  5. Pastikan guru mampu menguasai kelas dalam bentuk kemampuan melakukan gerak dan perindahan tempat dengan baik sehingga tidak sekadar duduk saja atau bahkan berdiri saja. Hal ini disebabkan rangsangan dari stimulus yang bergerak leih menarik perhatian daripada stimulus yang diam.

Baca juga beragam artikel tentang SELUK-BELUK DUNIA PENDIDIKAN dan beragam TIPS tentang belajar.

*Disarikan dari sumber-sumber literatur kredibel dan dari buku Psikologi Pendidikan: Teori dan Aplikasi dalam Proses Pembelajaran karya Muhammad Irham dan Novan Ardy Wiyani diterbitkan oleh Ar-Ruzz Media (Jogjakarta) pada 2014 (Cetakan ke-2)

Ruang Literasi dan Edukasi

Post a Comment

© Untaian Abjad. All rights reserved. Developed by Jago Desain