DeLiang Al Farabi, Penulis Cilik Asal Indonesia yang Telah Terbitkan Puluhan Buku Berbahasa Inggris

Beberapa waktu lalu video yang menunjukkan bocah asal Trenggalek, DeLiang Al Farabi viral di media sosial. Dalam video tersebut, tampak DeLiang tengah mengisi webinar dengan memakai bahasa Inggris.

Rupanya, peserta dari webinar tersebut adalah siswa SD dan SMP Polandia. DeLiang menjadi pembicara dalam webinar untuk membagikan pengalamannya sebagai penulis di usia belia.

DeLiang sendiri telah menulis puluhan buku, sembilan di antaranya berupa novel dan semua bukunya berbahasa Inggris.

Buku pertamanya berjudul ‘DeLiang the Deer’, sementara novel pertamanya berjudul ‘A Tale of J: A Dark Winter’.

Dua novel yang telah DeLiang tulis, yakni ‘A Tale of J Quirky Friends’ dan ‘Stories of the Worst Bullies History’ masuk dalam Top 15 Amazon Book Amerika dan Inggris di kategori Dark Comedy.

Sementara novel fantasinya yang berjudul ‘Rigel: The Last Guardian’ sempat menduduki posisi Top 50 Amazon Amerika dan Inggris.

Memiliki nama lengkap Muhammad DeLiang Al Farabi, bocah laki-laki yang saat ini mengenyam pendidikan secara homeschooling lahir di Taipei, Taiwan pada 18 Juni 2012.

Merupakan anak sulung dari tiga bersaudara, DeLiang memiliki satu adik perempuan bernama Daisy dan satu adik laki-laki bernama Dirandra. DeLiang tumbuh besar di Bristol, Inggris ketika kedua orang tuanya sedang menempuh pendidikan doktoral di sana.

Setelah pulang ke Indonesia, orang tua DeLiang membangun platform edufic, yakni kelas untuk keluarga Islam.

Pada usia tujuh tahun, DeLiang menerbitkan tiga buku ilustrasi dan mendapatkan royalti Rp 20 juta pertamanya pada usia 10 tahun.

Dikutip dari akun instagram milik ayahnya, @ario_muhammad87, saat ini DeLiang tengah menyelesaikan novelnya yang berjudul ‘The Battle of Badr’ yang akan terbit melalui penerbit di London.

Hobi membaca dan bakat menulis yang dimiliki DeLiang tentu saja diturunkan oleh orang tuanya yang menyukai dunia literasi. Pada tahun 2023, DeLiang mengaku telah membaca 368 judul buku.

Didikan dan dukungan penuh dari orang tuanya yang tentu saja membuat DeLiang tidak berhenti menghasilkan karya.

Jika dilihat dari website amazon stores, buku-buku yang DeLiang tulis tersedia dalam bentuk cetak dan kindle. Sementara beberapa judul buku teratasnya adalah ‘The Boy Who Become a Fairy Rigel: Two Books in One’, ‘A Tale of J: A Dark Winter, ‘A Letter to Daisy’ dan ‘The Boy Who Become a Fairy Rigel: The Ultimate Battle’.