Ruang Lingkup Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia

Ruang Lingkup Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia

Wilayah Indonesia merupakan negara kepulauan berciri Nusantara. Intinya meskipun wilayah NKRI terdiri atas ribuan pulau, tetapi tidak terpisah satu dengan yang lain, tetapi merupakan kesatuan yang terhubung satu dengan yang lain. 

Selat bukan merupakan laut sempit yang memisahkan dua pulau, tetapi laut sempit yang menghubungkan dua pulau.

Selain memiliki beragam pulau, Indonesia terbagi dalam tiga wilayah, yaitu daratan, perairan, dan udara. Berikut ini bahasan secara detailnya.

a. Wilayah Daratan

Wilayah daratan Indonesia meliputi daerah pemukiman dalam batas-batas tertentu dan daerah di bawah permukaan bumi termasuk segala bentuk kekayaan alam yang terdapat di dalamnya.

Baca juga ringkasan Materi PPKn Kelas VII

Indonesia dikenal sebagai negara kepulauan yang tersusun dari pulau-pulau besar dan kecil, berdasarkan data Badan Pusat Statistik jumlah pulau seluruh provinsi Indonesia tahun 2021 terdapat 16.766 pulau.

Lima di antara ribuan pulau tersebut merupakan pulau besar, yaitu Pulau Sumatra, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik jumlah pulau provinsi tahun 2021 terdapat 16.766 pulau.

Wilayah Indonesia memiliki luas daratan seluruh pulau ± 2.028.087 km2 (25% dari luas keseluruhan wilayah Indonesia), dengan panjang pantai ± 81.000 km, dan berada pada batas astronomi 6°LU - 11°LS dan 95°- 141°BT.

Baca juga artikel tentang PSIKOLOGI biar jiwamu tetap aman meski sibuk bekerja atau belajar seharian.

b. Wilayah Perairan

Wilayah perairan negara meliputi perairan pedalaman, perairan kepulauan, laut teritorial, zona tambahan, dan zona ekonomi eksklusif yang dapat digambarkan sebagai berikut.

Perairan pedalaman merupakan semua perairan yang terletak pada sisi darat dari pangkal air terendah dari garis pantai Indonesia.

Perairan kepulauan merupakan semua perairan yang terletak pada sisi garis pangkal lurus kepulauan yang menghubungkan titik terluar dari pulau-pulau di Indonesia.

Laut teritorial adalah wilayah laut yang diukur mulai dari garis pangkal kepulauan Indonesia sampai dengan 12 mil laut yang ditarik pada waktu air laut surut.

Baca juga beragam CERPEN atau PUISI untuk menghibur dan memotivasi jiwa serta pikiranmu setelah seharian beraktivitas, bekerja, dan belajar.

Zona Tambahan merupakan zona yang lebarnya tidak melebihi 24 mil laut yang diukur dari garis pangkal dari mana lebar laut teritorial diukur.

Zona Ekonomi Eksklusif adalah suatu area di luar laut teritorial dan zona tambahan Indonesia dengan batas terluar 200 mil laut dari garis pangkal di mana lebar laut teritorial diukur.

Landasan Kontinen suatu negara meliputi dasar laut dan tanah di bawahnya, mulai dari bawah permukaan laut yang terletak di luar laut teritorial negara hingga jarak 200 mil.

Luas wilayah perairan Indonesia berdasarkan angka rujukan yang dikerjakan sejak tahun 2015 oleh Badan Informasi Geospasial (BIG) dan Pusat Hidrograi dan Oseanograi (Pushidros) TNI AL melalui sebuah kajian teknis dengan menggunakan best available data dan dengan metode teknis mutakhir, demi sebuah data rujukan nasional dan dapat dipertanggungjawabkan.

Baca juga beragam artikel Sudut Pandang dari berbagai tokoh berpengaruh, akademisi, dan para pemikir atau ahli.

Berikut ini rujukan nasional data kewilayahan Republik Indonesia.

  1. Luas perairan pedalaman dan perairan kepulauan Indonesia adalah 3.110.000 km2;
  2. Luas laut teritorial Indonesia adalah 290.000 km2;
  3. Luas zona tambahan Indonesia adalah 270.000 km2;
  4. Luas zona ekonomi eksklusif Indonesia adalah 3.000.000 km2;
  5. Luas landas kontinen Indonesia adalah 2.800.000 km2;
  6. Luas total perairan Indonesia adalah 6.400.000 km2;
  7. Luas NKRI (darat dan perairan) adalah 8.300.000 km2;
  8. Panjang garis pantai Indonesia adalah 108.000 km.

c. Wilayah Udara

Ruang udara diukur mulai dari permukaan daratan dan perairan Indonesia sampai dengan ketinggian 110 km. Wilayah antariksa Indonesia mencakup 33.761 km di atas wilayah daratan dan perairan Indonesia yang diukur dari permukaan daratan dan perairan Indonesia.

*
Sumber:
Suryanata Yayat, dkk. 2023. Pendidikan Pancasila untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Ruang Literasi dan Edukasi

Post a Comment

© Untaian Abjad. All rights reserved. Developed by Jago Desain