-->

Belajar Hidup dari Salmon; "Jangan Menyerah, Demi Anak Cucu"


image : bellacaledonia.org.uk

Tuhan menciptakan manusia dengan derajat lebih tinggi dibandingkan dengan hewan,  dan yang membedakan antara keduanya yaitu akal. Namun Tuhan menciptakan hewan, tidak sema-mata sebagai pelengkap kehidupan. Pastilah di balik itu, ada hal yang besar yang perlu manusia ketahui yaitu pembelajaran. Jadi tidak ada salahnya jika saya mengajak pembaca untuk belajar dari ikan Salmon.

Ikan Salmon termasuk dalam spesies anadromous, yaitu jenis ikan yang selalu berimigrasi untuk berkembang biak. Ikan Salmon lahir di sungai dan pindah ke laut hingga dewasa, kemudian kembali lagi ke sungai untuk berkembang biak dan mati. Dengan gigih ikan salmon berjuang melawan arus untuk menetaskan telur-telurnya dalam air sungai yang sejuk, jernih dan tawar. Sungguh kegigihan yang luar biasa, dibutuhkan fokus dan semangat yang luar biasa pula demi keberlangsungan generasinya.

Namun mari kita sejenak melihat apa yang terjadi di zaman ini khususnya di Indonesia. Banyak di antara kita yang menyerah sebelum memulai melakukan sesuatu hal, misalnya menghidupi keluarga. kita sering kali menganggap mencari pekerjaan sulit, padahal kita mempunyai gelar sarjana. Namun apakah kita sudah benar-benar melakukan segala cara yang halal untuk mendapatkannya, atau kita malas untuk melakukannya karena sedari awal kita sudah takut dengan bayang-bayang yang kita ciptakan sendiri?

Di Dalam kehidupan ini, kita harus mampu menirukan perjuangan Ikan Salmon. Manusia seharusnya membuang jauh rasa malas, selalu gigih dalam menghadapi cobaan, dan semangat untuk mewujudkan cita-cita dan harapan dalam hidupnya. jangan sampai kemalasan itu akhirnya mendarah daging dan menurun pada generasi berikutnya. Jangan sampai pula kita akhirnya memilih cara yang instan seperti halnya para teroris yang dengan membabibibuta merampas hak-hak orang tak bersalah.

Mari kita lanjutkan perjuangan hidup ini dengan cara yang wajar, halal dan gigih tanpa merugikan orang lain dan siap meghadapi segala rintangan yang pasti akan kita temui.  Hidup adalah perjuangan dan janganlah berhenti untuk berjuang, layaknya Salmon yang tak pernah letih untuk menuju ke tempat di mana dia bisa melahirkan anak-anaknya.

 

PrasKecut