Pembelajaran sebagai Sebuah Sistem

Keberhasilan sistem pembelajaran adalah keberhasilan pencapaian tujuan pembelajaran.

Dalam pergaulan sehari-hari sering terdengar perkataan “sistem”. Apakah sebenarnya arti sistem itu? Pada dasarnya, istilah sistem berasal dari bahasa Yunani, yaitu “system”, yang berarti himpunan bagian atau unsur yang saling berhubungan secara teratur untuk mencapai tujuan bersama.

Pengertian Sistem Menurut Para Ahli

Berbagai pengertian sistem ditinjau dari pendapat beberapa ahli, berikut ini:

  1. James Harvey menjelaskan bahwa sistem merupakan prosedur logis dan rasional untuk merancang suatu rangkaian komponen yang berhubungan satu dengan yang lainnya yang berfungsi sebagai suatu kesatuan dalam usaha mencapai suatu tujuan yang telah ditentukan.

  2. Robert D. Carlsen berpendapat sistem sebagai suatu operasi atau kombinasi operasi untuk melaksanakan suatu kegiatan bisnis tertentu.

    Baca juga beragam TIPS belajar, pembelajaran, dan dunia keseharian.

  3. John Mc Manama mengemukakan sistem sebagai sebuah struktur konseptual yang tersusun dari fungsi-fungsi yang saling berhubungan, yang bekerja sebagai suatu kesatuan organik untuk mencapai suatu hasil yang diinginkan secara efektif dan efisien.

  4. C.W. Churchman menjelaskan sistem sebagai seperangkat bagian-bagian yang dikoordinasi untuk melaksanakan seperangkat tujuan.

  5. J.C. Higgins mengungkapkan bahwa sistem merupakan seperangkat bagian-bagian yang saling berhubungan.

    Baca juga beragam artikel tentang SELUK-BELUK DUNIA PENDIDIKAN

  6. Edgar F. Huse & Jame L. Bowditch menjelaskan sistem sebagai suatu seri (rangkaian) bagian-bagian yang saling berhubungan dan bergantung sedemikian rupa, sehingga interaksi dan saling pengaruh dari satu bagian akan mempengaruhi keseluruhan.

  7. Murdick & Ross menjelaskan bahwa sistem merupakan sehimpunan unsur yang melakukan suatu kegiatan dan menyusun skema dan atau tata cara melakukan suatu kegiatan pemrosesan untuk mencapai sesuatu atau beberapa tujuan. 

    Hal ini dilakukan dengan cara mengelola data, energi, dan atau barang (benda) dalam jangka waktu tertentu guna menghasilkan suatu informasi, energi dan atau barang (benda).

Baca juga beragam artikel tentang PSIKOLOGI PENDIDIKAN dan METODE PEMBELAJARAN

Dari beberapa definisi tersebut dapat disimpulkan bahwa sistem merupakan keseluruhan struktur yang terdiri atas unsur-unsur, yang mempunyai fungsi khusus, di antara unsur-unsur tersebut terdapat saling hubungan dan interaksi yang secara bersama-sama menuju tercapainya tujuan bersama.

Contoh sederhana, lima buah jari manusia sebenarnya merupakan sebuah “sistem” yang terdiri dari ibu jari, jari telunjuk, jari tengah, jari manis, dan jari kelingking sebagai unsurnya.

Sebagai unsur dalam suatu sistem, masing-masing jari itu mempunyai fungsi yang berbeda antara jari yang satu dengan jari yang lain.

Hasil kerjasama antara kelima jari tersebut menghasilkan satu keseimbangan untuk melaksanakan fungsinya. Dengan kerjasama yang harmonis seimbang, manusia dapat memegang sendok atau piring untuk makan atau mengambil sesuatu.

Baca juga CERPEN atau PUISI untuk refreshing setelah seharian jenuh belajar, sekolah, bekerja, dan menunggu pesan dari kekasih.

Kemudian, mengapa pembelajaran dikatakan sebagai suatu sistem?, karena pembelajaran adalah kegiatan yang bertujuan untuk membelajarkan peserta didik.

Proses pembelajaran itu merupakan rangkaian kegiatan yang melibatkan berbagai unsur sehingga setiap pendidik harus memahami sistem pembelajaran melalui pemahaman tersebut, minimal setiap guru akan memahami tentang tujuan pembelajaran dan hasil yang diharapkan.

Sebagai suatu sistem, seluruh unsur yang membentuk sistem itu memiliki ciri saling ketergantungan yang diarahkan untuk mencapai suatu tujuan.

Keberhasilan sistem pembelajaran adalah keberhasilan pencapaian tujuan pembelajaran.

Yang harus mencapai tujuan adalah peserta didik sebagai subjek belajar, karena tujuan utama sistem pembelajaran adalah keberhasilan peserta didik mencapai tujuan.

Baca juga beragam opini dari para ahli di rubrik SUDUT PANDANG

*Disarikan dari Sutikno, Sobry. 2019. Metode & Model-Model Pembelajaran: Menjadikan Proses Pembelajaran Lebih Variatif, Aktif, Inovatif, Efektif, dan Menyenangkan. Lombok: Holistic

Ruang Literasi dan Edukasi

Post a Comment

© Untaian Abjad. All rights reserved. Developed by Jago Desain