Menilai Karya Melalui Resensi

Sebelum menulis resensi, Anda harus mengetahui dan memahami isi buku tersebut. jika buku yang Anda resensi adalah buku nonfiksi, Anda harus memahami dan menemukan hal-hal penting yang terdapat dalam buku tersebut. jika buku tersebut merupakan novel dan kumpulan cerpen, Anda harus memahami dan menguasai unsur intrinsik dan ekstrinsiknya. Setelah Anda memahami isi buku, Anda baru dapat memberikan ulasan dalam bentuk resensi.

Langkah-langkah dalam mengulas atau meresensi buku yakni sebagai berikut.

  1. Menentukan buku yang akan diresensi. Artinya diri kita harus mentukan buku yang akan Anda resensi baik roman, novel, maupun biografi. Selain itu seorang resentator harus menyebutkan kategori buku tersebut fiksi atau nonfiksi.
  2. Mencatat identitas buku. Dalam resensi juga harus tercantum identitas buku. Catat identitas buku yang akan diresensi, seperti jenis buku, judul buku, nama pengarang, nama penerbit, tahun terbit, tahun cetak, jumlah halaman, jenis kertas, dimensi, dan harga buku. Catat pula mengenai bentuk atau format dari buku tersebut meliputi kertas, ilustrasi cover, jenis huruf yang dipakai dan sebagainya.
  3. Membaca buku dengan teliti. Artinya dalam buku yang akan diresensi harus dibaca dengan detail dan mencatat hal-hal penting. Sebelum membuat resensi, bacalah terlebih dahulu buku yang akan diresensi hingga tuntas, lalu mencatat kutipan, kata-kata penting, dan poin-poin utama.
  4. Membuat ikhtisar buku yaitu menulis kembali gagasan yang dianggap penting ke dalam karangan singkat yang mempunyai satu kesatuan yang padu.
  5. Membuat isi resensi buku. Pada tahap ini kita memberikan komentar dan pandangan kita terhadap buku yang kita resensi. Langkah-langkah membuat isi resensi yaitu sebagai berikut.
  6. Kesimpulan yakni mengemukakan apa yang diperoleh dari buku yang diresensi dan imbauan kepada pembaca. Jangan lupa cantumkan nama Anda sebagai peresensi.

Langkah-langkah membuat isi resensi agar menjadi karya enak dinikmati dan disukai pembaca.

  1. Membuat informasi umum tentang buku yang diresensi.
  2. Menentukan judul resensi.
  3. Membuat ringkasan secara garis besar.
  4. Memberikan penilaian buku.
  5. Menonjolkan sisi lain dari buku yang diresensi.
  6. Mengulas buku tersebut bagi pembaca.
  7. Penilaian dari segi kelengkapan karya, EYD, dan sistematika resensi.


Ruang Literasi dan Edukasi

1 comment

  1. Izin copas ya kak. Tetap dibuat narasumbernya.
© Untaian Abjad. All rights reserved. Developed by Jago Desain