Pembentukan PPKI sebagai Penanda Menuju Kemerdekanan

Pembentukan PPKI sebagai Penanda Menuju Kemerdekanan

Pada saat Jepang sudah berada di ujung kekalahannya, mereka membentuk PPKI yang terdiri atas perwakilan beberapa kelompok di Indonesia. PPKI bertugas untuk mempersiapkan kemerdekaan Indonesia.

Tidak seperti BPUPKI yang anggotanya dipilih oleh pejabat militer Jepang di kalangan Angkatan Darat ke-16, anggota PPKI dipilih oleh Jendral Terauchi yang merupakan penguasa perang tertinggi di Asia Tenggara.

Oleh karenanya, anggota PPKI berasal dari berbagai wilayah jajahan Jepang di Indonesia.

Baca juga kumpulan Materi Sejarah Kelas XI

Pada 9 Agustus 1945, Sukarno, Moh. Hatta, dan Radjiman Wedyodiningrat berangkat menuju Dalat (Vietnam). Mereka bertemu dengan Jenderal Terauchi pada 12 Agustus 1945.

Apakah kalian tahu apa yang disampaikan oleh Terauchi kepada para pimpinan PPKI dalam pertemuan itu? Ia menyampaikan bahwa tidak lama lagi Jepang pasti akan memberikan kemerdekaan kepada Indonesia.

Oleh karenanya, PPKI dibentuk untuk mempersiapkan pemberian kemerdekaan itu dan Indonesia diminta ikut berjuang bersama Jepang dalam perang.

Para pemimpin kita kemudian kembali ke Indonesia pada 14 Agustus 1945. Beberapa surat kabar memberitakan tentang hal ini. Pernyataan Sukarno bahwa Indonesia akan merdeka sebelum jagung berbunga diberitakan beberapa surat kabar.

Baca juga ragam artikel SEJARAH biar engkau menjaga pesan Soekarno "Jas Merah"

Apakah kalian tahu apa yang dimaksud dengan pernyataan itu?

Judul berita yang ada di surat kabar seperti Asia Raya dan Tjahaja sebenarnya berasal dari pidato Sukarno saat ia dan pemimpin PPKI lainnya sampai di Bandara Kemayoran pada 14 Agustus 1945 sepulang dari pertemuan dengan Terauchi di Saigon (Vietnam).

Pada saat itu, Sukarno menyampaikan “…kalau dahulu saya berkata sebelum jagung berbuah Indonesia akan merdeka, sekarang saya dapat memastikan Indonesia akan merdeka sebelum jagung berbunga” (Zuhdi, 2012).

Pernyataan ini merupakan sebuah kiasan yang bermakna bahwa kemerdekaan Indonesia akan segera diproklamasikan dalam waktu dekat.


*Disarikan dari sumber-sumber literatur yang kredibel.

Ruang Literasi dan Edukasi

Post a Comment

© Untaian Abjad. All rights reserved. Developed by Jago Desain