Pengertian Norma secara Umum dan Menurut Para Ahli

Pengertian Norma secara Umum dan Menurut Para Ahli

Kebutuhan antara satu manusia dengan manusia lainnya tidak selalu sama dan terus berubah. Banyaknya kebutuhan antara satu manusia dan manusia lainnya dapat menimbulkan perselisihan untuk saling mendapatkan dan memperebutkan. 

Apabila perselisihan tersebut tidak segera ditangani dengan tepat, akan terjadi perpecahan dalam kelompok masyarakat. Oleh karena itu, supaya perpecahan dalam kelompok masyarakat tidak terjadi, perlu adanya norma di dalam kehidupan masyarakat. Istilah lain dari norma adalah aturan atau kaidah. 

Baca juga: Manusia sebagai Makhluk Tuhan Yang Maha Esa, Individu, dan Sosial

Pengertian Norma Menurut Para Ahli

Dewa Gede Sudika Mangku (2020: 45) mengemukakan bahwa norma adalah pedoman yang dijadikan patokan untuk bertindak benar dan tepat dalam kehidupan bermasyarakat agar tercipta kehidupan yang tenteram, tertib, terpelihara, dan terjamin.

Endrik Safudin (2017: 4) menyebutkan bahwa norma adalah kaidah sosial yang menjadi aturan hidup bagi setiap manusia untuk bertingkah laku dalam kehidupan bersama.

Maria Farida Indrati Soeprapto (2020: 19) menyebutkan bahwa norma merupakan adanya suatu ukuran yang dijadikan patokan bagi seseorang dalam hubungannya dengan sesama dan lingkungannya.

Baca juga materi PPKn Kelas VII Lainnya

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa norma adalah aturan yang menjadi petunjuk bagi setiap manusia untuk melakukan tindakan yang sebaiknya dilakukan dan tidak dilakukan oleh manusia kepada manusia lainnya.

Keberadaan norma menjadi suatu hal yang penting dalam kehidupan masyarakat. Tiap manusia perlu memiliki kesadaran akan keberadaan norma karena dengan adanya norma tiap manusia dapat dengan mudah memenuhi kebutuhan fisik dan kebutuhan nonfisiknya tanpa merugikan dan mengganggu kebutuhan orang lain.

Sebagai wujud untuk memberikan jaminan terpenuhinya kebutuhan manusia secara selaras dan tidak bersinggungan dengan manusia lainnya, maka dibentuklah norma dalam masyarakat.

Baca juga beragam artikel Sudut Pandang dari berbagai tokoh berpengaruh, akademisi, dan para pemikir atau ahli.

Dalam kehidupan bermasyarakat, setiap manusia tidak bisa lepas dari norma di mana pun dan kapan pun. Hal tersebut bertujuan untuk membatasi perilaku manusia agar tidak bertindak sesuai keinginannya sendiri sehingga merugikan orang lain.

Adapun syarat-syarat yang harus dipenuhi supaya norma dan aturan menjadi petunjuk dan pedoman bagi masyarakat dalam bertingkah laku sehari-hari, di antaranya sebagai berikut,

  1. Terdapat perintah, merupakan anjuran dan petunjuk yang harus dilaksanakan oleh setiap manusia.
  2. Terdapat larangan, merupakan petunjuk yang tidak dilakukan dan harus ditinggalkan oleh setiap manusia.
  3. Adanya sanksi, artinya setiap manusia yang dengan sengaja atau tidak sengaja melanggar norma akan memperoleh dampak negatif berupa hukuman.
  4. Memiliki sifat mengikat dan memaksa untuk dipatuhi, artinya setiap norma yang berlaku wajib diterima dan dipatuhi oleh setiap manusia dalam kelompoknya.
Baca juga beragam CERPEN untuk menghibur dan memotivasi jiwa serta pikiranmu setelah seharian beraktivitas, bekerja, dan belajar.

Fungsi Keberadaan Norma

Norma dapat ditemukan dalam setiap kehidupan kelompok masyarakat, mulai dari kelompok masyarakat di perkotaan maupun pedesaan. Adapun fungsi keberadaan norma dalam kehidupan masyarakat di antaranya sebagai berikut.

Pertama, menciptakan ketertiban dan keamanan dalam kehidupan. Keberadaan norma menyamakan pandangan mengenai perbedaan yang ada di dalam masyarakat agar perbedaan menjadi dasar utama untuk menciptakan ketertiban dan keamanan.

Kedua, menjadi penuntun dan pedoman dalam masyarakat. Norma sebagai petunjuk bagi tiap manusia dalam bertindak terhadap sesama di dalam kelompoknya.

Kalau hidupmu kurang motivasi, mudah lelah dan mletre, sila carger dengan baca kisah dari para SOSOK yang keren.

Ketiga, memberikan sanksi bagi pelanggar. Keberadaan sanksi bertujuan memberikan efek jera bagi pelanggar sehingga tidak akan mengulangi perbuatan yang merugikan sesama dan lingkungan sekitar.

Keempat, menjadi pengendali perilaku masyarakat. Dengan adanya norma dalam masyarakat, tingkah laku tiap manusia dapat dikendalikan agar kehidupan damai dan tenteram selalu tercipta.

Kelima, menciptakan keadilan. Norma memberikan jaminan kepada setiap orang saat melaksanakan kewajiban dan menerima hak sesuai porsinya serta menghindarkan tindakan sewenang-wenang oleh orang lain.

Baca juga beragam TIPS biar hidupmu ngga gitu-gitu aja.

*

Sumber:
Suryanata Yayat, dkk. 2023. Pendidikan Pancasila untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Ruang Literasi dan Edukasi

Post a Comment

© Untaian Abjad. All rights reserved. Developed by Jago Desain