Cara Menentukan Ide Pokok: Pengertian, Jenis, Ciri-Ciri, dan Langkah-Langkahnya

Cara Menentukan Ide Pokok: Pengertian, Jenis, Ciri-Ciri, dan Langkah-Langkahnya

Cara Menentukan Ide Pokok – Dalam menulis sebuah karangan, penting adanya ide pokok atau gagasan utama yang menjadi pesan inti dari sebuah tulisan. Dengan adanya ide pokok, informasi maupun pesan yang ingin disampaikan kepada pembaca akan lebih terarah.

Informasi yang disampaikan pun dapat beragam, mulai dari informasi untuk edukasi, inspirasi, maupun rekreasi atau penghibur. Berikut penjelasan mengenai ide pokok dan bagaimana cara menentukannya.

Baca juga beragam artikel KEBAHASAAN biar keterampilan berbahasamu, baik lisan atau tertulis makin jago

Pengertian Ide Pokok

Berdasarkan pengertiannya menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, ide merupakan suatu rancangan yang tersusun di dalam pikiran, gagasan, maupun cita-cita.

Sedangkan pengertian pokok menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah sebuah rancangan pokok yang tersusun dalam pikiran yang merupakan sebuah pemikiran utama dari sebuah paragraf di dalam penulisan.

Ide pokok atau yang sering disebut juga dengan gagasan utama, gagasan pokok, ataupun pikiran utama merupakan sebuah gagasan atau rancangan pokok yang penulis berusaha sampaikan sebagai pokok dari sebuah pembahasan di dalam paragraf.

Baca juga Jenis-Jenis Paragraf Berdasarkan Letak Kalimat, Tujuan, dan Isinya

Jenis Paragraf Dalam Menentukan Ide Pokok

Dalam sebuah paragraf, biasanya akan ditemukan ide pokok atau gagasan utama yang berdasarkan letaknya dibagi menjadi sebagai berikut.

1. Paragraf Deduktif

Pada paragraf deduktif, kita dapat menemukan ide pokok atau gagasan utama pada awal paragraf. Ide pokok atau gagasan utama akan diutarakan terlebih dahulu kemudian diikuti dengan kalimat penjelas sebagai kalimat pendukung.

Contohnya, setiap orang akan diuji dengan segala hal yang dimilikinya. Bagaimana ketika orang tersebut memiliki ilmu, maka dia akan diberikan ujian bagaimana memanfaatkan ilmu tersebut. Berbeda halnya dengan orang yang memiliki harta, maka dia akan diberikan ujian bagaimana dapat memanfaatkan kekayaan tersebut untuk dirinya dan juga untuk orang lain.

Pada paragraf diatas, kita dapat melihat bahwa kalimat pertama merupakan kalimat utama, dengan ide pokok yaitu ujian untuk setiap orang.

Baca juga beragam artikel Sudut Pandang dari berbagai tokoh berpengaruh, akademisi, dan para pemikir atau ahli

2. Paragraf Induktif

Pada paragraf induktif, kita dapat menemukan ide pokok atau gagasan utama pada akhir paragraf. Kalimat penjelas sebagai kalimat pendukung akan diutarakan terlebih dahulu kemudian diakhiri dengan ide pokok atau gagasan utama suatu paragraf.

Contohnya, setiap orang pasti akan melakukan perbuatan yang menyebabkan dosa, namun jika hal tersebut terus berulang dan orang itu tidak mau berubah dan bertobat sehingga melakukannya berkali-kali itulah yang berdampak buruk.

Bagaimana jika kita ibaratkan sebagai racun yang ada di dalam tubuh, jika kita terus menerus meminumnya maka kesehatan kita akan terganggu, dan tubuh semakin lemah dan pada akhirnya kita terkena penyakit.

Hal tersebut menggambarkan, dosa besar maupun kecil bila dilakukan secara terus menerus akan berdampak buruk bagi kita.

Pada paragraf diatas, kita dapat melihat bahwa kalimat utama berada di akhir paragraf, dan ide pokoknya adalah dampak buruk dari sebuah dosa.

Baca juga CERPEN dan PUISI untuk menghibur dan memotivasi jiwa dan pikiranmu setelah seharian lelah beraktivitas, bekerja, atau belajar.

3. Paragraf Campuran

Pada paragraf campuran, kita dapat menemukan ide pokok atau gagasan utama di awal dan di akhir paragraf. Biasanya kalimat akhir digunakan untuk mempertegas gagasan utama atau ide pokok yang ada di kalimat awal.

Ciri-ciri Ide Pokok

Pada umumnya, ide pokok pada sebuah paragraf memiliki ciri-ciri sebagai berikut.

  1. Memiliki kalimat penjelas atau kalimat pendukung untuk menjelaskan ide pokok yang ada pada sebuah paragraf.

  2. Biasanya terdapat penjelasan ataupun alasan yang menopang ide pokok tersebut.

  3. Ide pokok berfungsi sebagai inti dari sebuah paragraf dan biasanya menjadi sebagai pusat pembahasan.

Baca juga ragam pembahasan tentang Ideologi-Ideologi Besar di Dunia

Langkah-langkah Menentukan Ide Pokok

Dalam menemukan ide pokok atau gagasan utama pada suatu paragraf, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut yang dapat membantu kamu menemukan ide pokok pada suatu paragraf.

  1. Membaca keseluruhan paragraf, hal pertama yang harus dilakukan adalah membaca sebuah paragraf yang ada dengan baik.

  2. Tandai kata-kata penting dalam sebuah paragraf, setelah membaca paragraf secara keseluruhan, selanjutnya kamu bisa menandai kata yang kamu anggap penting yang menjadi inti dari sebuah paragraf.

    Baca juga Kata-Kata Mubazir dalam Bahasa Indonesia

  3. Mengenali perbedaan kalimat utama dan kalimat penjelas, dalam sebuah paragraf seperti yang sudah dijelaskan di atas, biasanya ide pokok atau gagasan utama akan ditemukan pada awal maupun akhir paragraf. Sehingga kamu harus lebih fokus pada bagian-bagian tersebut terlebih dahulu.

  4. Menyimpulkan paragraf, setelah menentukan kata-kata penting. Kamu dapat menyimpulkan sebuah paragraf yang kemudian dapat dijadikan sebagai ide pokok atau gagasan utama.

Baca juga Bahasa Indonesia bagi Generasi Z di Tengah Arus Budaya Dunia

*Disarikan dari sumber-sumber literatur yang kredibel dan tulisan Siti Badriyah di Gramedia

Ruang Literasi dan Edukasi

Post a Comment

© Untaian Abjad. All rights reserved. Developed by Jago Desain