Dampak Penjajahan Jepang di Bidang Sosial

Dampak Penjajahan Jepang di Bidang Sosial

Pada dasarnya, ada dua hal yang menjadi prioritas Jepang saat menjajah Indonesia. Pertama, menghapus pengaruh-pengaruh Barat di kalangan bangsa Indonesia. Kedua, memobilisasi bangsa Indonesia untuk kepentingan perang Asia Timur Raya.

Kedua hal ini menjadi dasar bagi berbagai kebijakan Jepang di Indonesia (Ricklefs, 2008). Oleh karena itu, bagi orang-orang Eropa (terutama orang Belanda) dan Indo (keturunan campuran bangsa bumiputera dan Eropa), kedatangan Jepang dilihat sebagai sumber malapetaka.

Tahukah kalian apa yang terjadi pada orang-orang ini? Bagaimana nasib mereka selama masa penjajahan Jepang?

Baca juga kumpulan Materi Sejarah Kelas XI

Pada masa awal penjajahan Jepang, orang-orang Eropa (termasuk Belanda dan Indo) serta beberapa orang Tionghoa ternyata menjadi sasaran amukan penduduk lokal di beberapa daerah seperti Cirebon dan Solo.

Rumah dan tempat usaha mereka diserang dan dijarah oleh penduduk lokal (Aziz, 1955). Dalam situasi peralihan kekuasaan, kekerasan seringkali terjadi karena luapan emosi dan kurangnya kontrol.

Baca juga beragam artikel Sejarah di Indonesia

Tentara Jepang berusaha mencegah agar hal ini tidak meluas ke wilayah lain dan berubah menjadi revolusi yang tak menguntungkan bagi Jepang sendiri (Ricklefs, 2008).

Selanjutnya, pihak Jepang menangkap orang-orang Eropa dan mengirim mereka ke kamp-kamp interniran dengan kondisi yang menyedihkan. Beberapa tenaga ahli dari kalangan orang Eropa tetap dipertahankan untuk membantu Jepang, namun saat datang penggantinya dari kalangan orang Jepang maka mereka disingkirkan (Kurasawa, 2016).

Bagi orang-orang Indonesia, rentetan peristiwa ini menunjukkan bahwa orang-orang kulit putih (Eropa) pun bisa kalah. Nantinya, hal ini juga memberikan kepercayaan diri bagi bangsa Indonesia bahwa bangsa kita juga pasti dapat mengalahkan bangsa Barat (Inggris, Australia, dan Belanda) dalam perjuangan mempertahankan kemerdekaan dari tahun 1945-1949.

Baca juga beragam CERPEN untuk menghibur dan memotivasi jiwa serta pikiranmu setelah seharian sibuk beraktivitas, bekerja, atau belajar.

Dengan penangkapan orang-orang Eropa dan berkuasanya Jepang, maka terjadi perubahan struktur sosial masyarakat secara drastis.

*Disarikan dari sumber-sumber literatur yang kredibel


Ruang Literasi dan Edukasi

Post a Comment