-->

Pengertian Psikologi menurut Para Ahli

 

Jika mendengar kata psikologi mungkin sudah banyak yang merasa tidak asing lagi, namun juga ada yang masih merasa asing dengan ilmu satu ini. Secara umum biasanya istilah psikologi sering merujuk pada ilmu yang mempelajari tentang jiwa dam tingkah laku manusia. Praktisi dibidang psikologi disebut sebagai psikolog.

Fungsi psikologi diantaranya yakni untuk menjelaskan tingkah laku manusia, memprediksi atau meramalkan tingkah laku serta mengendalikan perilaku yang diharapkan. Psikologi penting dalam beberapa aspek kehidupan, seperti proses rekruitmen, bimbingan konseling atau identifikasi masalah terkait penyebab suatu kejadian.

Dalam ilmu psikologi terdapat berbagai macam pendekatan yang bisa dilakukan, misalnya pendekatan perilaku, pendekatan kognitif, pendekatan psikoanalisis dan pendekatan fenomenologis. Sebenarnya masih banyak lagi metode-metode psikologi yang kompleks dan harus dipelajari secara rinci. Namun di dalam artikel ini untaianabjad.com hanya akan membahas pengertian psikologi menurut para ahli.

Sebelum memasuki pengertian psikologi menurut ahli, jauh lebih baik dalam artikel ini menjelaskan sedikit asal-usul katanya. Psychology  atau psikologi berasal dari kata 'Psyche' artinya jiwa dan 'Logos' artinya ilmu. Secara singkat, Psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang jiwa, namun ada penjelasan yang lebih spesifik yaitu ilmu yang mempelajari tentang jiwa dan gejala-gejala yang ada pada manusia. Berarti, selama manusia masih ada, maka ilmu psikologi akan terus berguna dan mungkin juga akan mengalami perkembangan-perkembangan yang akan jauh lebih kompleks dan detai dalam mempelajari jiwa dan gejala-gejala pada manusia.

Di bawah ini, yakni pengertian psikologi menurut para Ahli.

    1. Crow dan Crow berpendapat bahwa Psikologi adalah Behav of Human, tingkah laku manusia. Artinya, Psikologi sebagai sebuah ilmu yang mempelajari tentang interaksi manusia dengan dunia sekitarnya. Baik berupa hubungan antara manusia lain hingga hubungan dengan hewan, iklim, musim, kebudayaan, dan lain sebagainya.
    2. Sartin berpendapat bahwa psikologi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku organisme hidup, terutama tingkah laku manusia.
    3. Wudht berpendapat bahwa psikologi bertugas menyelidiki apa yang kita sebut sebagai pengalaman dalam sensasi dan perasaan sendiri, pikiran setra kehendak kita yang bertolak belakang dengan setiap objek pengalaman luar yang melahirkan pokok permasalahan ilmu alam.
    4. Caplin dalam Dictionary of psychology  menyebutkan bahwa psikologi merupakan ilmu pengetahuan mengenai perilaku manusia dan hewan.
    5. Dakir berpendapat bahwa psikologi merupakan ilmu yang membahas tingkah laku manusia dalam hubungan dengan lingkungan.
    6. Muhibbin Syah berpendapat psikologi merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku terbuka dan tertutup pada manusia, baik selaku individu ataupun kelompok, dalam hubungannya dengan lingkungan.
    7. Dr. Singgih Dirgagunasa menuturkan bahwa psikologi merupakan ilmu yamng mempelajari tentang tingkah laku manusia.
    8. Plato dan Aristoteles menjelaskan bahwa psikologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang hakikat jiwa serta prosesnya sampai akhir.
    9. Jhon Broadus Watson berpendapat psikologi merupakan ilmu yang mempelajari tingkah laku lahiriah dengan menggunakan metode observasi yang objektif terhadap rangsangan.
    10. Woodworth dan Marquis menjelaskan bahwa psikologi merupakan ilmu yang mempelajari aktivitas individu sejak masih dalam kandungan sampai meninggal dunia dengan hubungannya dengan alam sekitarnya.
    11. Hilgert berpendapat bahwa psikologi merupakan ilmu yang mempelajari manusia danb hewan lainnya.
    12. Knight menjelaskan bahwa psikologi adalah ilmu yang mempelajari secara sistematis tentang pengalaman dan tingkah laku manusia dan hewan, normal dan abnormal, individu atau sosial.
    13. Bruno membagi pengertian psikologi menjadi tiga bagian yaitu psikologi merupakan studi (penyelidikan) mengenai ruh; pengetahuan mengenai kehidupan mental, dan; ilmu pengetahuan mengenai tingkah laku organisme.
    14. Ricard Mayer berpendapat bahwa psikologi merupakan analisis mengenai proses mental dan struktur daya ingat untuk memahami perilaku manusia.
    15. Koffka menjelaskan bahwa psikologi merupakan perilaku makhluk hidup dalam hubungan mereka dengan dunia luar.

Berdasarkan pendapat beberapa ahli di atas dapat ditarik benang merahnya bahwa psikologi merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku manusia, baik sebagai individu dan kelompok, serta hubungannya dengan lingkungan. Tingkah laku tersebut bisa berupa tingkah laku tampak maupun tidak tampak, disadari maupun tidak disadari.