-->

Analisis Teks Prosedur 'Cara Efektif Berhenti Merokok'

Berhenti dari kebiasaan merokok merupakan hal yang cukup sulit. Entah apa yang membuat rokok sangat diminati oleh manusia. Meskipun sudah ditulis kerugian dari merokok dikemasannya. Benda berbentuk silinder ini yang pertama kali menggunakan yakni suku bangsa Indian di Amerika, untuk kepentingan ritual. Untuk kepentingan ritual? lalu kenapa rokok menjadi trend?.

Menurut beberapa perokok, rokok mempunyai beberapa keuntungan tersendri, namun masih belum biasa mengalahkan kerugian  menjadi seorang perokok. Kono katanya merokok dapat mengurangi resiko parkinson, kemudian nikotin membunuh kuman penyebab tuberculosis (TBC), perokok lebih kuat dan cepat sembuh dari serangan jantung dan stroke, dan perokok terhindar dari anemia. Selain itu beberapa orang mengatakan dengan merokok orang terlihat gaul, maco, keren, dan trendy.

Lalu apa kerugian merokok? Mulai dari kesehatan manusia,  kesehatan kantong untung keluarga alias merusak ekonomi manusia, sampai merusak lingkungan seperti polusi, menipisnya ozon bumi dan akhirnya mengundang bencana.

Oke pertanyaan selanjutnya, bagaimana cara berhenti merokok?

Pertama, Konsultasi Dengan Dokter

Ini adalah cara yang paling saya sarankan, bertanyalah kepada dokter ataupun ahli kesehatan bagaimana cara berhenti merokok dengan cepat. Biasanya dokter juga memiliki resep untuk menghilangkan ketergantungan pada nikotin.

Kedua, Bantu dengan olahraga

Melakukan olahraga ringan secara rutin seperti melakukan jogging akan membantu proses berhenti merokok. Olahraga akan meningkatkan mood dan kesadaran serta meningkatkan energi dan menghilangkan stress akibat kecanduan rokok.

Ketiga, Berhenti Secara Bertahap

Untuk benar-benar lepas dari kecanduan merokok ada baiknya anda melakukannya secara bertahap. Dengan cara ini kita dapat mengkontrol pikiran masing-masing jika tubuh Anda perlahan-lahan tidak membutuhkan nikotin dari hari ke hari. Misalnya begini : jika biasanya sehari anda menghabiskan 1 bungkus rokok, maka usahakan sehari anda cukup mengkonsumsi 6 buah, kemudian 3 buah dan seterusnya hingga anda bisa benar-benar lepas dari jerat rokok.

Keempat, Support Dari Lingkungan

Jika anda ingin benar-benar berhenti merokok maka mintalah bantuan keluarga anda untuk mengingatkan anda. Selain keluarga peran teman-teman terdekat anda juga dapat membantu usaha anda untuk berhenti merokok.

Kelima, Sibukkan Diri Anda

Biasanya orang merokok di saat waktu senggang, dengan mencari kesibukan lain akan membuat anda lupa dengan rokok. Isi waktu anda dengan melakukan apa saja yang anda suka seperti olahraga dan berekreasi.

Mulai sekarang juga! bulatkan tekad anda untuk berhenti merokok. Niatkan bahwa dengan berhenti merokok anda sedang memperbaiki kualitas hidup dan kesehatan anda.

Nah, sebenarnya faktor penentu utama keberhasilan merokok adalah dari dalam diri sendiri. Tekad yang kuat dan kesadaran akan bahaya rokok terlebih dahulu harus anda pahami untuk dapat lepas secara total dari kecanduan rokok.

 

ANALISA:

Tujuan : Agar hidup lebih sehat. Sehat keluarga, tidak merusak lingkungan, sampai   menipisnya ozon bumi

Langkah – Langkah

  1. Konsultasi dengan dokter.
  2. Olahraga ringan secara rutin.
  3. Berhenti secara bertahap.
  4. Dukungan keluarga dan teman-teman
  5. Menyibukkan diri dengan hal-hal positif

Temporal : Pertama, Kedua, Ketiga, Keempat, dan Kelima

Partisipan : Anda, Seorang dan Kita

Kata Konjungsi Waktu : Lalu, Kemudian, Setelah, dan Selanjutnya

Verba Material : Melakukan, Menghabiskan, dan Mengkonsumsi

Verba Sikap : -

Kalimat Imperatif : mintalah bantuan keluarga, Mulai sekarang juga!

Kalimat Deklaratif : Merokok katanya Mengurangi Resiko Parkinson, kemudian Nikotin membunuh kuman penyebab tuberculosis (TBC), Perokok lebih kuat dan cepat sembuh dari serangan jantung dan stroke, dan Perokok terhindar dari anemia. Selain itu beberapa orang mengatakan dengan merokok orang terlihat gaul, maco, keren, dan trendy

Kalimat Introgatif : Lalu apa kerugian merokok?