-->

Budaya Mencium Tangan Orangtua Hampir Punah

Contoh Teks Eksposisi

Indonesia adalah negara yang kaya akan budaya. Kebudayaan Indonesia sejak zaman dulu sudah melekat di dalam jati diri masyarakat bangsa Indonesia. Di Indonesia kebudayaan sangat beragam, setiap daerah memiliki budayanya masing-masing. Namun, di era seperti ini semua nilai kebudayaan dalam masyarakat Indonesia sudah mulai luntur, bahkan sudah ada yang hilang. Salah satu budaya yang hampir punah yaitu budaya mencium tangan kepada orangtua. Banyak penyebab yang membuat kebudayaan Indonesia menjadi semakin luntur, salah satu penyebabnya adalah globalisasi. Era sekarang ini banyak remaja yang mulai meninggalkan kebudayaan Indonesia dan berpaling kepada kebudaan barat.

Cium tangan orangtua adalah kewajiban semua anak kepada orangtuanya sebelum memulai aktivitas, misalnya sebelum berangkat sekolah, sebelum bepergian. Mencium tangan bukan hanya dilakukan sebelum memulai aktivitas, tetapi juga setelah melakukan aktivitas, misalnya saat pulang ke rumah setelah dari sekolah. Namun pada kenyataannya kebudayaan ini mulai mengalami pergeseran, banyak anak zaman sekarang yang mulai meninggalkan kebudayaan ini dan menganggapnya kuno.

Padahal mencium tangan orangtua merupakan bentuk rasa hormat kepada orangtua dan dengan kebiasaan mencium tangan oarangtua tentunya terdapat restu orangtua. Banyak orang  yakin bahwa restu Tuhan tergantung pada restu orangtua, namun adat mencium tangan orangtua saat ini sudah mulai luntur bersama perkembangan zaman. Nilai-nilai kesopanan pun mulai tergerus jaman, karena banyak pemuda saat ini sudah mulai terpengaruh budaya barat atau terkena dampak westernisasi. Oleh sebab itu, kalangan pemuda kita sudah mulai meninggalkan budaya kesopanan ini.

Genarasi pemuda penerus bangsa memiliki kewajiban dalam menjaga kekayaan bangsanya, sepertihalnya kekayaan budaya yang sangat banyak ini. Hal tersebut bertujuan agar budaya-budaya bangsa tetap melekat pada diri masyarakat, karena budaya-budaya ini merupakan identitas bangsa Indonesia yang masih sangat menjunjung tinggi nilai-nilai kearifan dan kesopanan. Sebagai generasi muda, kita harus mampu menumbuhkan nilai-nilai kesopanan dalam bermasyarakat, sepertihalnya menghormati orangtua adalah bentuk dari rasa terimakasih kita kepada orangtua. Sebagai generasi muda harapan bangsa harus berperan dalam menjunjung tinggo nilai-nilai serta budaya-budaya yang ada di negara kita ini agar tidak tergerus zaman yang serba modern.